Saminnet-Search Article Wiki Forum Piwigo SNS Cloud vtiger Sugar
Daun Jelatang Tea

  • Data-Articles
    • Wine-4 in CentOS-7 (48) Tue02,10:10am

      Wineis an open source and free application for Linux that enables users to run any windows based application on Unix/Linux like operating system. Wine team keeps releasing their versions in every two weeks. Finally, the Wine team proudly announced the stable release ofWine 4.0and made available for download in source and binary packages for various distributions such asLinux,WindowsandMac. Thi…

      Read More...

Daun Jelatang Tea

Kreatinin adalah hasil limbah yang ditemukan di dalam darah setiap orang. Dalam keadaan normal, ginjal Anda seharusnya dapat menyaring dan mengeluarkan zat ini keluar dari tubuh Anda. Beberapa masalah kesehatan dapat mengganggu fungsi ini, dan menghasilkan banyak kreatinin. Ada beberapa cara yang Anda dapat lakukan untuk mengurangi tingkat kreatinin, termasuk mengubah pola makan, mengubah gaya hidup, minum obat-obatan, dan mengikuti terapi medis.

1

Memahami Kreatinin

  1. Gambar berjudul Bring Down High Creatinine Levels Step 1
    1
    Ketahui apa itu kreatinin.ツKreatinin adalah produk limbah yang dihasilkan oleh tubuh saat kreatin, zat metabolisme yang membantu mengubah makanan menjadi energi, rusak.[1]
    • Biasanya, ginjal membantu menyaring kreatinin keluar dari darah. Produk limbah kemudian disaring keluar dari tubuh melalui urin.
    • Kadar kreatinin yang tinggi dapat menunjukkan adanya masalah dengan ginjal.
    • Kadar kreatinin yang tinggi dapat disebabkan oleh konsumsi protein dalam jumlah besar atau berolahraga berat.
    • Suplemen kreatin juga dapat meningkatkan kadar kreatinin dalam darah dan urine.
  2. Gambar berjudul Bring Down High Creatinine Levels Step 2
    2
    Pahami cara kerja tes kreatinin.ツTes kreatinin akan mengukur seberapa banyak kreatinin dalam darah Anda.
    • Dokter Anda mungkin juga melakukan tes kreatinin, yang mengukur jumlah kreatinin dalam urin Anda. Jumlah kreatinin dalam darah Anda harus rendah, dan jumlah dalam urin Anda harus tinggi.
    • Tes ini hanya menyediakan "foto" dari kesehatan ginjal Anda. Tes ini hanya mengukur jumlah kreatinin dalam darah dan urine Anda dari satu sampel yang diambil dalam 24 jam terakhir.
  3. Gambar berjudul Bring Down High Creatinine Levels Step 3
    3
    Artikan hasil Anda.ツRentang normal untuk tingkat kreatinin akan bervariasi berdasarkan pada apakah Anda seorang laki-laki dewasa, perempuan dewasa, remaja, atau anak. Nilai yang Anda harus berada dapat bervariasi, tergantung dari usia dan ukuran tubuh Anda, tetapi ada rentang umum yang Anda harus targetkan.
    • Kadar kreatinin darah yang normal adalah:[2]
      • Pria: 0,6-1,2 mg / dL; 53-106 mcmol / L
      • Wanita: 0,5-1,1 mg / dL; 44-97 mcmol / L
      • Remaja: 0,5-1,0 mg / dL
      • Anak-anak: 0,3-0,7 mg / dL
    • Kadar kreatinin urin normal adalah:
      • Pria: 107-139 mL / menit; 1,8-2,3 mL / detik
      • Wanita: 87-107 mL / menit; 1,5-1,8 mL / detik
      • Siapa pun di atas usia 40: tingkatnya harus turun 6,5 mL / menit untuk setiap tambahan 10 tahun usia
  4. Gambar berjudul Reduce High Blood Pressure Step 4
    4
    Pahami mengapa peningkatan kadar kreatinin terjadi.ツAda beberapa alasan mengapa Anda mungkin mempunyai kadar kreatinin yang tinggi; beberapa kondisi ini lebih parah daripada yang lain, tapi itu hanyalah berarti bahwa Anda perlu mengambil langkah-langkah tertentu agar kadar kreatinin Anda kembali normal.
    • Gagal atau gangguan ginjal: Bila ginjal rusak, ginjal tidak dapat menyaring kreatinin keluar dari tubuh Anda melalui filtrasi glomerular seperti yang seharusnya. Filtrasi glomerulus adalah arus keluar cairan yang disaring melewati ginjal Anda.
    • Kerusakan otot: Jika Anda memiliki kondisi yang menyebabkan kerusakan otot, jaringan otot yang rusak dapat masuk ke aliran darah dan merusak ginjal.
    • Asupan daging yang tinggi: Makan makanan yang kaya daging yang sudah dimasak dapat meningkatkan jumlah kreatinin dalam tubuh Anda.
    • Hypothyroidism: Memiliki disfungsi dalam kelenjar tiroid Anda dapat memiliki pengaruh pada fungsi ginjal Anda.ツHypothyroidismツdapat menurunkan kemampuan ginjal Anda untuk menyaring limbah keluar dari tubuh Anda secara normal.
2

Menggunakan Obat-obatan Herbal yang Belum Terbukti

  1. Gambar berjudul Bring Down High Creatinine Levels Step 7
    1
    Minum teh herbal.ツBeberapa jenis teh herbal dipercaya mampu membantu mengurangi kadar kreatinin dalam darah Anda. Studi yang mendukung manfaat ini terbatas, namun teori ini masih belum dibantah.
    • Minum sekitar dua gelas teh herbal masing-masing 250 ml setiap hari
    • Teh herbal yang tidak rugi untuk dicari tahu adalah daun jelatang dan akar dandelion.
    • Ide dari teh ini adalah teh ini akan mengstimulasi ginjal dan menyebabkan kenaikan produksi urine. Dengan itu, lebih banyak kreatinin yang terbuang keluar dari tubuh.
  2. Gambar berjudul Make Yourself Tired So That You'll Fall Asleep Step 15
    2
    Pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen daun jelatang.ツDaun jelatang dapat meningkatkan ekskresi ginjal, sehingga akan membantu menghilangkan kadar kreatinin yang banyak.[3]ツJelatang mengandungツhistamineツdanツflavonoid, yang dapat membantu meningkatkan aliran darah ke ginjal, sehingga meningkatkan filtrasi urine.
    • Daun jelatang dapat dikonsumsi dalam bentuk suplemen atau bentuk teh
  3. Gambar berjudul Control Bladder Spasms Step 12
    3
    Bicarakan dengan dokter Anda mengenaiツsalvia.Salviaツadalah jamu yang mungkin dapat meningkatkan laju filtrasiツglomerulus, sehingga membantu menghilangkan kreatininツ[4]Salviaツmengandung lithospermate B, yang membantu mendorong fungsi ginjal.[5]
    • Diskusikan dengan dokter Anda tentang kemungkinan penggunaanツsalvia. Jangan mengonsumsiツsalviaツtanpa berkonsultasi dengan dokter.
3

Membuat Perubahan Gaya Hidup

  1. Gambar berjudul Bring Down High Creatinine Levels Step 6
    1
    Jaga asupan cairan Anda.ツUmumnya, Anda perlu minum 6 sampai 8 gelas air masing-masing 250 ml setiap hari. Dehidrasi dapat menyebabkan tingkat kreatinin meningkat, jadi pastikan tubuh Anda tetap terhidrasi.
    • Ketika Anda tidak mempunyai cukup cairan dalam tubuh, Anda memproduksi urin yang lebih lebih sedikit. Kreatinin dikeluarkan dari sistem tubuh Anda melalui urin, jadi memproduksi lebih sedikit urin dapat membuat badan Anda lebih sulit untuk mengeluarkan racun ini.
    • Di sisi lain, mengonsumsi terlalu banyak cairan juga dapat berefek negatif pada ginjal Anda. terlalu banyak cairan dapat meningkatkan tekanan darah, dan tekanan darah tinggi dapat membuat ginjal Anda tertekan.
    • Kecuali diinstruksikan oleh dokter, hindari minum terlalu banyak.
  2. Gambar berjudul Bring Down High Creatinine Levels Step 9
    2
    Batasi tingkat aktivitas Anda.ツBadan seseorang mengubah makanan menjadi energi lebih cepat ketika sedang latihan yang berat. Hasilnya, lebih banyak kreatinin terbentuk, menyebabkan kadar kreatinin dalam darah Anda lebih tinggi.
    • Olahraga tetap diperlukan untuk kesehatan Anda, karena itu Anda tidak perlu menghilangkannya dari rutinitas Anda. Anda perlu menukarkan olahraga intensitas tinggi menjadi intensitas rendah. Sebagai pengganti lari atau bermain basket, coba jalan atau latihan yoga.
  3. Gambar berjudul Bring Down High Creatinine Levels Step 10
    3
    Tidur yang cukup.ツKetika Anda tidur, hampir seluruh fungsi badan Anda berkurang. Ini termasuk metabolisme tubuh. Hasilnya, perubahan dari kreatin ke kreatinin berjalan pada kecepatan yang lambat, dan kreatinin yang ada dalam darah Anda tersaring keluar sebelum lebih banyak racun lagi terbentuk.
    • Tidur selama 6 sampai 9 jam setiap malam, dengan 7 atau 8 sebagai waktu yang ideal.
    • Ditambah lagi, kekurangan tidur dapat membuat tekanan fisik pada seluruh tubuh Anda dan memaksakan semua bagiannya untuk bekerja lebih keras lagi. Hasilnya, ginjal Anda akan lebih terbebani sehingga kemampuannya untuk mengeluarkan kreatinin berkurang.
4

Konsumsi Obat

  1. Gambar berjudul Bring Down High Creatinine Levels Step 12
    1
    Berkonsultasilah pada dokter Anda untuk menghentikan penggunaan beberapa jenis obat.ツAda beberapa jenis obat yang ada hubungannya dengan tingkat kreatinin tinggi. Obat yang dapat merusak ginjal dapat menjadi ancaman, namun beberapa obat yang digunakan untuk menyembuhkan penyakit ginjal juga dapat menjadi masalah.
    • Jika Anda sudah memiliki masalah ginjal, berhati-hati dalam obat-obatan, seperti ibuprofen, yang dapat merusak ginjal lebih parah lagi ketika digunakan secara reguler.
    • ACE inhibitor dan siklosporin digunakan untuk menyembuhkan penyakit ginjal namun dapat menyebabkan tingkat kreatinin untuk meningkat.[6]
    • Beberapa suplemen nutrisi, seperti vanadium, dapat juga meningkatkan tingkat kreatinin dan perlu dihindari
    • Selalu berbicara dengan dokter Anda sebelum menghentikan obat-obatan apapun, Walaupun beberapa obat tersebut dapat meningkatkan kreatinin, efek baiknya masih lebih besar daripada buruknya tergantung dari kenapa obat tersebut diresepkan dari awalnya.
  2. Gambar berjudul Bring Down High Creatinine Levels Step 13
    2
    Carilah obat dan suplemen yang dapat membantu.ツTergantung dari penyebab pokok tingginya kadar kreatinin Anda dan kesehatan Anda, dokter Anda mungkin akan menasihati Anda untuk menggunakan suatu jenis medikasi atau suplemen tertentu agar kadarnya menurun.
    • Kebanyakan obat yang mengobati tingkat kreatinin juga mengobati masalah yang menyebabkan tingginya kadar kreatinin tersebut, jadi dokter Anda perlu mendiagnosis kondisi Anda sebelum Anda dapat menentukan obat mana yang cocok untuk Anda.
  3. Gambar berjudul Get Rid of Shin Splints Fast Step 5
    3
    Makan obatツhypoglycemic.ツSalah satu penyebab umum dari kerusakan ginjal, sehingga meningkatkan kadar kreatinin adalah diabetes. Jika Anda terkena diabetes, penting untuk menjaga tingkat insulin Anda pada tingkat normal untuk menghindari kerusakan ginjal. Ada beberapa jenis medikasi yang dapat Anda konsumsi untuk mencapainya
    • Repaglinideツadalah obatツhypoglycemicツyang biasanya diresepkan dokter. Dosis awal biasanya 0,5 miligram, digunakan sebelum makan. Dosis maksimum adalah 4 miligram, juga digunakan sebelum makan. Walaupun Anda kebetulan tidak makan, tetap penting untuk menggunakan obatnya.
  4. Gambar berjudul Get Viagra Step 3
    4
    Kurangi tekanan darah Anda dengan obat.ツSelain diabetes, hipertensi juga faktor lain yang berkontribusi pada kerusakan ginjal. Menjaga tekanan darah Anda dapat menghindari kerusakan ginjal nantinya, dan membantu mengurangi tingkat kreatinin Anda.
    • Dokter Anda mungkin akan meresepkanツbenazeprilツdanツhydrochlorothiazide. Dosisツbenazeprilツbiasanya antara 10 dan 80 miligramツ[7]. Dosis biasaツhydrochlorothiazideantara 12,5 dan 50 miligram sehari.[8]
  5. Gambar berjudul Recognize the Symptoms of E. Coli Poisoning Step 7
    5
    Sebagian antibiotik berbahaya jika salah digunakan.ツPenderita penyakit ginjal sebaiknya menggunakan antibiotik lebih sedikit daripada orang-orang dengan ginjal yang sehat.
  6. Gambar berjudul Unpop Your Ears Step 10
    6
    Konsumsi obat-obatan yang menarget tingkat kreatinin yang tinggi.Ketosterilbiasanya diresepkan untuk mengurangi tingkat kreatinin yang ditemukan di aliran darah. Biacarakan pada dokter Anda tentang obat ini dan apakah obat ini cocok untuk Anda. Dosis reguler biasanya 4 sampai 8 tablet yang dikonsumsi 3 kali sehari, setiap Anda makan.[9]ツObat penurun kreatinin antara lain:
    • Suplemen asamツalpha lipoicツdapat digunakan untuk membantu menambah tenaga ginjal dan menetralkan racun, termasuk kreatinin. Anda biasanya dapat menggunakan sekitar 300 mg satuannya.[10]
    • Chitosanツadalah suplemen penjaga berat badan yang dapat mengurangi jumlah kreatinin dalam darah. Manfaatnya biasanya tercapai ketika Anda mengonsumsi antara 1000 dan 4000 mg per hari.
5

Pertimbangkan Terapi Medis

  1. Gambar berjudul Bring Down High Creatinine Levels Step 11
    1
    Tunjukkan dan sembuhkan masalah pokoknya.ツTingkat kreatinin tinggi biasanya bukanlah masalah sendiri. Biasanya, masalah ini adalah gejala dari sesuatu yang lebih serius. Untuk mengurangi tingkat kreatinin secara permanen dan meningkatkan kesehatan, kerja sama dengan dokter Anda untuk menemukan masalah pokoknya dan sembuhkan itu.
    • Kerusakan ginjal dan penyakit ginjal kronis biasanya penyebab paling umum. Kerusakan ini dapat disebabkan oleh penyakit, infeksi yang berpotensi fatal, syok, kanker, atau aliran darah rendah.
    • Diabetes tipe 2 juga dihubungkan dengan tingkat kreatinin yang tinggi.
    • Kemungkinan penyebab lainnya antara lain kegagalan jantung, dehidrasi, kehilangan darah yang terlalu banyak menyebabkan syok, asam urat, olahraga berat secara fisik, cedera otot, gangguan otot, dan luka bakar.
  2. Gambar berjudul Bring Down High Creatinine Levels Step 14
    2
    Pelajari terapi laser dingin.ツBeberapa bukti menyarankan bahwa terapi laser dingin atau laser tingkat rendah dapat merevitalisasi ginjal dan meningkatkan fungsi ginjal. Hasilnya, ginjal Anda akan lebih mampu menyaring kreatinin keluar dari tubuh secara alami.[11]
    • Ketika digunakan pada kelenjar adrenal di atas ginjal, laser dingin dapat membantu mengurangi stres dan meningkatkan kualitas tidur.
    • Ketika digunakan pada saraf Vagus di leher Anda, laser dingin dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah kepada berbagai macam organ, termasuk ginjal.
  3. Gambar berjudul Treat Scoliosis Step 13
    3
    Gunakan terapi pemijatan.ツTerapi ini juga akan membantu sirkulasi darah dan mengurangi tingkat stres, sehingga menghasilkan sesi tidur dan relaksasi yang berkualitas.
  4. Gambar berjudul Bring Down High Creatinine Levels Step 15
    4
    Ketahui tentang terapi pemurnian darah.ツWalaupun tidak umum, seseorang yang memiliki ginjal yang rusak parah dan memiliki tingkat kreatinin yang tinggi dapat ingin untuk melakukan terapi pemurnian darah, yang disebut juga hemodialisis atau dialisis. Terapi ini mungkin terlihat ekstrim, namun bisa menjadi sangat efektif.
    • Ketika pengobatan, darah Anda akan diekstrak dan disaring menggunakan mesin. Mesin ini menghilangkan kreatinin dan racun lainnya dalam darah. Ketika dibersihkan, darahnya akan disirkulasi kembali ke dalam badan.[12]
  5. Gambar berjudul Bring Down High Creatinine Levels Step 16
    5
    Pertimbangkan pengobatan alternatif.ツTerutama, belajar tentangツMicro-Chinese Medicine Osmotherapy. Terapi ini didasari oleh pengobatan Cina tradisional dan dapat membantu membalikkan kerusakan ginjal yang kecil. Pengobatan mandi juga mungkin dapat membantu dan cara ini juga berasal dari pengobatan Cina tradisional.
    • DenganツMicro-Chinese Medicine Osmotherapy,ツpengobatan Cina tradisional resepnya didasari oleh kondisi pasiennya sendiri. Beberapa pengobatan ini dilakukan melalui luar badan, dan sisanya dilakukan di dalam badan.[13]
    • Pengobatan mandi dapat meningkatkan sirkulasi darah. Ini menyebabkan badan menjadi hangat dan berkeringat. Kreatinin dan racun lainnya kemudian dapat dihilangkan dari badan melalui keringat.
  6. Gambar berjudul Prepare for Kidney Dialysis Step 21
    6
    Pertimbangkan cuci darah sebagai cara terakhir.ツJika perubahan pola makan dan pengobatan tidak menurunkan kadar kreatinin Anda, bicarakan dengan dokter akan cuci darah. Ada 2 jenis dari cuci darah, namun yang digunakan untuk menurunkan kadar kreatinin disebut dengan hemodialysis.[14]
    • Hemodialysisツmenggunakan suatu mesin untuk menyaring limbah, cairan, dan garam dari darah Anda sehingga ginjal yang sudah rusak Anda tidak perlu melakukannya lagi.
6

Mengubah Pola Makan

  1. Gambar berjudul Lower Diastolic Blood Pressure Step 2
    1
    Batasi asupan sodium Anda.ツKelebihan sodium dapat menyebabkan retensi cairan dalam jumlah yang berbahaya dan dapat menghasilkan darah tinggi. Kedua masalah ini dapat dihasilkan oleh tingkat kreatinin yang tinggi.
    • Jalanilah diet yang rendah sodium. Hindari makanan dan minuman yang asin, dan pilih makanan umum yang rendah sodium jika tersedia.
    • Rata-rata konsumsi sodium Anda harus di antara 2 sampai 3 gram per hari, atau lebih rendah lagi.[15]
  2. Gambar berjudul Lower Diastolic Blood Pressure Step 5
    2
    Perhatikan konsumsi protein Anda.[16]ツHindari makanan yang tinggi protein. Daging merah dan produk susu bisa sangat buruk bagi Anda.
    • Sumber kreatin dari makanan biasanya ditemukan dalam produk hewani. Walaupun jumlahnya biasa tidak berbahaya, kreatin dapat menjadi berbahaya jika seseorang sudah memiliki kreatinin dalam jumlah yang sangat tinggi
    • Ketahuilah bahwa Anda perlu protein dalam pola makan agar Anda mempunyai cukup tenaga dan fungsi tubuh Anda berjalan dengan baik.
    • Ketika mengonsumsi protein, cobalah untuk mendapatkannya dari sumber sayuran, seperti kacang-kacangan dan tumbuhan polong lainnya.
  3. Gambar berjudul Lose Weight if You Dislike Vegetables Step 3
    3
    Tingkatkan asupan sumber makanan nabati.ツDietツvegetarianツsering kali dianjurkan untuk menurunkan kadar kreatinin dan mengurangi risiko penyakit ginjal akibat tekanan darah tinggi maupun diabetes. Makanlah makanan kaya vitamin C seperti buahツberry, sari lemon, peterseli, dan kembang kol.
  4. Gambar berjudul Treat Hypothyroidism Step 11
    4
    Hindari makanan yang tinggi fosfor.ツGinjal Anda akan sulit untuk memproses makanan yang tinggi fosfor, terutama jika Anda sudah memiliki tingkat kreatinin yang tinggi.[17]ツKarena ini, Anda perlu menghindari makanan seperti:
    • Labu, keju, ikan, kerang, kacang-kacangan, daging babi, produk susu rendah lemak, dan kedelai.
  5. Gambar berjudul Improve Kidney Function Naturally Step 10
    5
    Batasi jumlah potasium yang Anda konsumsi.ツJika mempunyai masalah ginjal, cobalah untuk menghindari makan makanan tinggi potasium karena potasium dapat berakumulasi dalam tubuh Anda jika ginjal Anda tidak dapat memprosesnya dengan benar.[18]ツMakanan tinggi potasium antara lainツ:
    • Buah-buahan kering, pisang, bayam, kentang, kacang-kacangan, dan kacang polong.
  6. Gambar berjudul Bring Down High Creatinine Levels Step 8
    6
    Jauhi suplemen kreatin.ツKarena kreatinin adalah produk limbah dari kreatin, memakan suplemen kreatin akan menghasilkan lebih banyak kreatinin lagi dalam darah Anda.
    • Untuk kebanyakan orang, ini bukanlah suatu isu. Jika Anda seorang atlet atau binaragawan yang mengonsumsi suplemen nutrisi untuk meningkatkan performa Anda, kreatin mungkin akan dimasukkan dalam suplemen tersebut dan perlu dikurangi.

Peringatan

  • Pastikan Anda selalu berkonsultasi dengan dokter sebelum memutuskan setiap jenis pengobatan. Setiap individu memiliki kebutuhan kesehatan yang berbeda, sehingga panduan ini mungkin tidak bekerja untuk semua orang. Beberapa bahkan dapat menyebabkan penurunan kesehatan, tergantung pada keadaan Anda sendiri.

sumber URLツhttps://id.wikihow.com/Menurunkan-Kadar-Kreatinin

Comments   

 
0 #1 Guest 2019-03-07 20:46
I couldn't resist commenting. Very well written!

my web-site lasertest
Quote
 

Articles by Date

TweetTweet Share on LinkedInShare on LinkedIn Share on Google+Google+ Submit to RedditReddit Publish on WordPress WordPress Send emailSend email