Saminnet-Search Article Wiki Forum Piwigo SNS Cloud vtiger Sugar
Pesan perahu Joloro

  • Data-Articles
    • Baja iwf (114) Sun09,20:21pm

      sesuai post saya yang terakhirΒ disini, rumah dua pohon sedang dalam pembangunan tahap 2 dengan material utama menggunakan baja. baja adalah material konstruksi yang paling padat apabila dibandingkan dengan beton dan kayu karena memiliki berat satuan yang cukup besar. karena baja bisa difabrikasi di pabrik, pemasangan di site bisa lebih cepat dibandingkan dengan beton yang mesti dicetak dan ditun…

      Read More...

Pesan perahu Joloro

Kabupaten Sinjai, Sulawesi Selatan, dikenal sebagai salah satu daerah penghasil ikan terbesar. Namun tidak banyak yang tahu bahwa selain daerah produsen ikan, Sinjai juga menjadi sentra pembuatan perahu-perahu nelayan, khususnya perahu berukuran kecilΒ  atau masyarakat setempat menyebutnya dengan Joloro.

*********
Menemukan lokasi atau tempat pembuatan perahu Joloro di Sinjai tidaklah sulit. Khusus di kecamatan Sinjai Utara, pembuat perahu Joloro tersebar di beberapa titik di wilayah kelurahan Lappa yang hanya berjarak sekitar lima kilometer dari pusat kota Sinjai. Salah satu lokasi pembuatan perahu Joloro di kelurahan Lappa terletak di lingkungan Larea-rea.

Hampir sebagian besar warga di tempat ini berprofesi sebagai nelayan. Namun beberapa diantaranya bekerja sambilan sebagai pembuat perahu. Bila ke daerah ini kita akan melihat tumpukan material kayu di depan rumah warga. Kayu-kayuΒ  tersebut merupakan bahan utama membuat perahu. Selain material kayu, kita pun akanΒ  akrab dengan suara bising gergaji mesin.

Meski berukuran kecil, namun membuat perahu joloro butuh waktu yang tidak sedikit.Β  Untuk joloro berukuran 15 hingga 20 meter dibutuhkan waktu satu hingga dua bulan. Namun menurut Haji Amir, salah seorang pembuat joloro yang sudah melakoni profesi ini sejak tahun 1991 silam, dirinya bisa menyelesaikan perahu kurang lebih sebulan.

Haji Amir membuat perahu berdasarkan pesanan. Rata-rata yang memesan adalah nelayan dari kabupaten Selayar dan kab. Bone. Adapula pemesan dari kecamatan Pulau Sembilan Sinjai. Harga perahu joloro buatan Haji Amir bervariasi. Mulai harga 30 juta hingga 60 juta rupiah, tergantung ukuran dan model perahu pesanan.

Sebagai salah satu daerah maritim, perahu seperti joloro tentu menjadi kebutuhan bagi mereka yang berprofesi sebagai nelayan, khususnya mereka yang bermukim di wilayah kelurahan Lappa kec. Sinjai Utara.

Ukurannya yang kecil tidak mengurangi ketangguhan joloro mengarungi laut lepas, bahkan menjadi teman akrab bagi nelayan saat mereka mencari rezeki. (*)

Comments   

 
0 #1 Super User 2019-01-10 14:22
Tempat lain:
Arsyad (50), pembuat kapal yang berasal dari Pulau Sapuli, Desa Mattiro Baji Kecamatan Liukang Tupabiring Utara, Kabupaten Pangkep, Sulsel, Senin (17/7/2017).
Quote
 

Articles by Date

TweetTweet Share on LinkedInShare on LinkedIn Share on Google+Google+ Submit to RedditReddit Publish on WordPress WordPress Send emailSend email